English French German Spain Italian Dutch Russian Portuguese Japanese Korean Arabic Chinese Simplified
by : BTF

Kamis, 19 April 2012

Materi PBO


KELAS
1.       Konsep objek dan kelas
1.1.Objek
                Objek dan kelas merupakan konsep sentral dalam PBO. Dalam pengertian luas, obyek merupakan suatu benda, baik yang dapat diraba (tangible) ataupun yang tidak (intangible) atau sesuatu yang dapat kita bayangkan. Objek memiliki keadaan (state) dan perilaku (behavior) yang melekat pada objek tersebut. State menyatakan kondisi yang ada pada objek tersebut pada suatu objek tersebut pada suatu daatg tersebut, kondisi tersebut ini dinyatakan dalam atribut, sedangkan perilaku merupakan sekumpulan aksi yang dapat dilakukan oleh objek.
State dan perilaku suatu objek bekerja bersama-sama. Suatu objek di java, terlebih dahulu harus dideklarasikan, setelah itu mengalami pembuatan, penggunaan.
v  Deklarasi dan Pembuatan/Instansiasi Objek
Ilustrasi :
MyClass mc;                                        MyClass

MyClass
~var1 : int
~var2 : String

+method1:int
+method2:void
 
Ditentukan variabel mc dengan tipe MyClass, dalam deklarasi mc masih berupa pointer dan belum menunjuk alokasi memori. Keyword new diperlukan untuk membentuk objek tsb sekaligus memanggil constructor.
mc = new MyClass()                  MyClass        

Ada 4 cara untuk melakukan deklarasi dan pembuatan objek (ingat NamaKelas = NamaConstructor)
Cara1 :
NamaKelas namaObjek;  // deklarasi
namaObjek = new NamaConstructor(); // pembuatan
             Deklarasi dan pembuatan objek boleh jadi satu dalam suatu kelas. Deklarasi dan pembuatan objek boleh dipisah di kelas yang berbeda, misalnya deklarasi objek di method main() pada kelas1, sedangkan pembuatan/instansiasi  objek berada pada kelas2.
Cara2 :
NamaKelas namaObjek = new NamaConstructor();
Artinya dua proses deklarasi dan pembuatan dijadikan satu.
Cara3 :
new NamaConstructor();
Cara ini objek diinstansiasi tanpa nama, tujuannya hanya untuk menjalankan constructor.
Cara4 :
New NamaKelas(”…..”).namaMethod();
v  Penggunaan Objek
Penggunaan objek sebenarnya untuk memanggil method yang merupakan sifat objek tersebut.
Bentuk umum :
namaObjek.namaMethod([daftarNilaiParameter]);
namaObjek.namaAttribute
1.2.Kelas
                Objek didefinisikan dengan sebuah kelas.Kelas merupakan sebuah model,pola atau coretan biru yang digunakan untuk menciptakan sebuah objek.dalam PBO sama halnya seperti rumah,adalah hal yang biasa bahwa byak objek dengan jenis yang sama memiliki karakter yang sama. Kelas merupakan cetak biru dari sebuah objek.Tidak ada sebuah kelas. Untuk mengalokasihkan ruang memeori untuk menyimpan data-data itu,kita harus melakukan instantiasi terhadap objek-obejek dari kelas tersebut.
                Sebagai contoh, objek mobil memiliki beberapa variable yang menyatakan state dari mobil bersama dengan implementasi dari fungsi yang menyatakan perilaku dari mobil tersebut akan mendapat sekumpulan variable yang dideklarasikan akan disimpan di memori. Variabel tersebut akan di modifikasi dengan menggunakan fungsi yang telah disediakan.

2.Desain dengan UML
Unified Modelling Language (UML) adalah sebuah "bahasa" yg telah menjadi standar dalam industri untuk visualisasi, merancang dan mendokumentasikan sistem piranti lunak.untuk mengabarkan kelas.notasi UML yang digunakan persegi dibagi atas 3 bagian (kompartmen) yang masing-masing digunakan untuk nama kelas,daftar atribut dan daftar fungsi.
Nama Kelas
Daftar Atribut
Daftar fungsi
 Atribut dalam notasi UML ditulis dengan format :
Simbol_penanda_akses nama_atribut: tipe_data
Dengan :
Simbol_penanda_akses :
Tipe_data: dapat berupa tipe data dasar atau tipe bentukan
Fungsi dalam notasi UML ditulis dengan format:
Simbol_penanda_akses nama_fungsi(parameter):tipe_ddata_balikan
ü  UML menawarkan sebuah standar untuk merancang model sebuah sistem.
ü  Lebih cocok untuk bahasa pemrograman yang berorientasi Objek
    C++, Java, C#, VB.NET
ü  Jenis-Jenis Diagram UML
1.                   Use case diagram
2.                   Class diagram
3.                   Statechart diagram
4.                   Activity diagram
5.                   Sequence diagram
6.                   Collaboration diagram
7.                   Component diagram
8.                  Deployment diagram
.








3.Kelas, Field dan Method
3.1. Kelas
Kelas digunakan untuk membuat objek, dan berperan sebagai tipe data dari objek. Kelas merupakan sarana pengkapsulan kumpulan data dan kumpulan method yang mengoperasikan kumpulan data tersebut.
Suatu kelas dalam java memiliki 3 komponen yaitu.
1.       Fields yang berisi deklarasi atribut-atribut kelas
2.       Konstruktor
3.       Fungsi
Dalam sebuah kelas,dimungkinkan ada dua (atau lebih) definisi fungsi dengan nama yang sama. Ini dikatakan kita melakukan Overloading fungsi tersebut. Saat melakukan Overloading fungsi, signature fungsi-fungsi hjarus berbeda,yaitu:
·         Berbeda dalam jumlah parameter
·         Berbeda dalam tipe ataupun posisis parameter
3.2. Field
Dekklarasi variable yang digunakan untuk menyimpan informasi yang dimiliki oleh kelas.deklarasi sering juga disebut instance variable.ada 4 variabel yaitu:
·         Private String nama:digunakan untuk menyimpan nama nasabah
·         Private int noRekening:digunakan untuk menyimpan data nomer rekening
·         Private int saldo:digunakan untuk menyimpan informasi saldo
·         Private int pin:digunakan untuk menyimpan no pin nasabah
Deklarasi variable diikiuti dengan kata kunci (keyword)
·            Setiap variable dinyatakan dengan private.merupakan penanda akses (akses specifier) yang menunjukkan bahwa variable ini bias diakses oleh fungsi-fungsi yang dimiliki kelas ini sendiri
·            Setiap variable diikiuti dengan tipe data. Contoh :string dan int

3.3. Method
Method merupakan tingkah laku dari suatu objek atau kelas, jika bersifat static berarti tingkah laku semua objek dalam kelas tersebut.Method diletakkan di dalam classbody (sebaiknya tidak diletakkan dalam method lain).
Bentuk umum method :
[modifier] tipe_return_value namaMethod(tipe parameter) {
    methodbody;
}
Bentuk umum method main() sebagai berikut :
[modifier] tipe_return_value main(String args[]) {
    methodbody
}
Ada tiga sintaks pemanggilan suatu method :
namaMethod([nilaiParamater]);
namaObjek.namaMethod([nilaiParamater]);
namaKelas.namaMethod([nilaiParamater]);
Tidak semua member (class, attribute, dan method) dapat diakses method, berikut tabel aksesnya :
Method
member (class, attribute, method)
Static
static
boleh lewat objek ataupun class,
boleh langsung kalau dalam kelas sendiri
Static
non static
hanya boleh lewat objek,
langsung tidak boleh,
lewat class tidak boleh
Non static
static
boleh lewat objek ataupun class,
boleh langsung kalau dalam kelas sendiri
Non static
non static
hanya boleh lewat objek,
langsung tidak boleh,
lewat class tidak boleh

4.Konstruktor
                Kontruktor adalah sebuah fungsi yang digunakan untuk membuat objek dari suatu kelas dan melakukan inisialisasi terhadap variabel-variabel yang dimiliki oleh kelas. Kontruktoer memiliki tanggung jawab untuk membuat objek dari suatu kelas berada pada keadaan yang sesuai sebelum yang digunakan.
Tabungan bls=new tabungan (“barca”,12345);
Operator new  digunakan untuk membuat objek dari suatu kelas dan mengasosialisasikan objek tersebut yang digunakan dengan variable tertentu. Kontruktor merupakan suatu fungsi yang khusus yang memiliki nama sama dengan nama kelas. Dalam sebuah kelas kita dapat menuliskan lebih dari satu fungsi konstruktor.secaraq ringkas dapat menuliskan konstruktor :
Public nama_kontruktor(tipe_parameterparameter…..)              
5.Acces Modifier
. Modifier
Modifier1 untuk menentukan sifat dari suatu kelas dan menentukan preveledge (hak akses) dari kelas lain. Modifier2 untuk menentukan relasi (extend atau implements) dengan kelas lainnya.
Wilayah modifier akses, dalam bentuk tabel :
Wilayah Akses
public
protected
default
Private
Di kelas yg sama
Beda kelas,
di package yg sama
X
Beda kelas,
beda package,
di kelas turunan
x
X
Beda kelas,
beda package,
tidak di kelas turunan
x
x
X

6.Package
Pengertian Package
Package adalah sarana/cara pengelompokkan dan pengorganisasian kelas-kelas dan interface yang sekelompok menjadi suatu unit tunggal dalam library.Package juga mempengaruhi mekanisme hak akses ke kelas-kelas di dalamnya.
. Pengaruh Package terhadap Method main()
Kelas yang mengandung method main() memilki syarat tidak berada dalam suatu package, dan hirarki posisi foldernya di atas package yang diimport.
 Membuat Package
Ada tiga langkah untuk membuat package :
1.        Mendeklarasikan dan memberi nama package.
2.        Membuat struktur dan nama direktori yang sesuai dengan struktur dan nama package.
3.        Mengkompilasi kelas-kelas sesuai dengan packagenya masing-masing.
Mendeklarasikan dan Memberi Nama Package
Deklarasi package harus diletakkan pada bagian paling awal (sebelum deklarasi import) dari source code setiap kelas yang dibungkus package tersebut.
Bentuk umum deklarasi package :
package namaPackage;
Deklarasi tersebut akan memberitahukan kompilator, ke library manakah suatu kelas dikompilasi dan dirujuk.
Syarat nama package :
1.         Diawali huruf kecil
2.         Menggambarkan kelas-kelas yang dibungkusnya
3.         Harus unik (berbeda dengan nama package standard)
4.         Merepresentasikan path dari package tersebut.
5.         Harus sama dengan nama direktorinya.
Contoh package standard :
java.lang (berisi kelas-kelas fundamental yang sering digunakan).
java.awt dan javax.swing (berisi kelas-kelas untuk membangun aplikasi GUI)
java.io (berisi kelas-kelas untuk proses input output)



0 komentar:

Posting Komentar

Text

Total Tayangan Halaman

Daftar pengunjung

x


Entri Populer

GosuBlogger